Tips Memilih Headset Gaming Terbaik


Tips Memilih Headset Gaming Terbaik
Bermain game akan terasa maksimal jika ditunjang dengan hardware yang tepat. Dan kali ini kami akan membahas mengenai headset gaming. Yup, hardware gaming yang satu ini ternyata bisa menentukan kalian menang atau kalah lho, kok bisa? Bayangkan seperti ini, kalau headset gaming kalian kualitasnya baik, gerak langkah kaki musuh pun bisa terdengar jelas, dan kalian bisa mengetahui posisinya. Keren kan?

Oleh karena itu perannya sangat penting guys. Dan bagi kalian yang ingin berinvestasi dengan membeli hardware yang satu ini, tentu perlu memikirkan beberapa hal agar sesuai dengan kebutuhan gaming, dan tentunya juga agar tidak kecewa di kemudian hari. Kalau begitu kalian bisa dapetin tips memilih headset gaming di artikel ini.

Karena kebutuhannya beda, otomatis spesifikasinya juga beda. Umumnya headset gaming memiliki karakter yang cenderung menonjolkan detail, dan hal ini sangat dirasakan saat kalian nantinya bermain game. Seperti misalnya saat kalian memainkan game-game FPS, detail kecil seperti langkah kaki musuh pastinya sangat berpengaruh pada permainan. Selain itu detail lain seperti suara karakter, efek ledakan dan lainnya tentu juga mempengaruhi pengalaman bermain game yang menjadi lebih seru.

1. Sesuaikan Budget

Headset gaming tersedia dalam berbagai macam merk, tipe dan tentunya harga. Dan sama seperti kebanyakan hardware gaming lain, ada harga tentu ada rupa. Oleh karena itu hal pertama yang perlu kalian tentukan pertama kali adalah bujet. Setelah bujet ditentukan, maka kalian langsung bisa mulai mencari-cari headset gaming yang sesuai dengan bujet. Jika ada banyak waktu, memang kalian harus mencarinya dari yang murah hingga mahal.
Tapi dilihat dari harga, kalian seharusnya sudah bisa mendapatkan perbandingan secara kualitas. Karena tentunya headset gaming murah dengan harga di bawah 300 ribu tidak bisa dibandingkan yg berharga 1 juta rupiah.
Sedangkan untuk merk, banyak sekali pilihannya seperti E-Blue, Kingston, Logitech, Rexus, Sades dan lainnya. Tapi tentunya tiap merk memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Jika kalian sudah mengincar headset gaming dari merk tertentu, tetap disarankan untuk melirik merk lain, karena bisa jadi performanya lebih baik (dan bisa jadi harganya lebih murah).

2. Pilih Headset dengan Fitur Surround Sound

Pernah dengerin audio yang dihasilkan dari speaker 2.1 (stereo) dan 5.1/7.1 (surround) belum? Kalau sudah, yang terasa beda adalah jumlah sumber suara yang dihasilkan. Jika stereo sumber suaranya hanya dari kiri dan kanan, maka surround akan menghasilkan sumber suara dari 5 arah (5.1) atau 7 arah (7.1).
Kalau headset gaming incaranmu sudah mendukung fitur surround sound, maka itu adalah nilai plus tersendiri. Game saat ini rata-rata juga sudah mendukung fitur surround sound, dengan begitu pengalaman bermain menjadi lebih maksimal. Jika sudah begitu, mendengarkan langkah kaki musuh yang mengendap-endap dari belakang pun bisa terdengar jelas. Atau juga kita bisa mengetahui arah tembakan musuh secara tepat. Keren kan?

3. Harus Nyaman di Telinga

Semahal dan secanggih apapun headset gaming, kalau tidak nyaman digunakan ya percuma juga. Kenyamanan menjadi poin yang sangat penting karena nantinya kalian akan menggunakan headset tersebut hingga berjam-jam lamanya. Nyaman di sini mengartikan kepalamu tidak akan cepat pegal, serta kegerahan khususnya pada bagian telinga. Sebuah headset gaming terbaik pastilah mengutamakan kenyamanan.
Cara paling mudah untuk mengetahui nyaman tidaknya headset adalah dengan mencobanya secara langsung. Kalau toko di tempat kalian beli menyediakan display, maka hukumnya kalian wajib mencobanya. Saat mencoba headset, satu hal yang perlu diperhatikan adalah ear cup harus menutupi keseluruhan bagian telinga, sehingga telinga tidak sakit.

4. Kualitas Input Mikrofon

Jika kalian suka main game FPS multiplayer dengan konsep team deathmatch seperti Counter Strike: Global Offensive, Point Blank atau Overwatch? Jika iya, maka peran mikrofon tidak bisa dikesampingkan karena berfungsi sebagai media untuk berkomunikasi dengan teman satu tim. Karena headset sudah noise cancelling, mau teriak-teriak ke teman pun juga engga bakal kedengaran cuy, jadi mau engga mau harus pakai fungsi chat.
Untuk mengecek kualitas suara dari mikrofon, kalian bisa melakukan tes sederhana: rekam suaramu saat berbicara menggunakan mikrofon pada aplikasi audio recorder. Kemudian dengarkan hasilnya apakah masih ada noise mengganggu atau tidak. Jika tidak ada, maka bisa dipastikan kualitas mikrofon tersebut bisa dipertimbangkan.

5. Pilih Kabel atau Wireless?

Headset gaming tersedia dalam 2 tipe, yakni dengan kabel dan non-kabel (wireless). Kalau kalian termasuk orang yang ingin terlihat simple dan tidak ingin direpotkan dengan kabel yang bersliweran, maka tipe wireless bisa dipilih.
Walaupun terlihat lebih rapi, ada anggapan bahwa tipe wireless memiliki kekurangan dalam hal mudah menerima gangguan dari koneksi sinyal wireless lain. Dengan seiring waktu, anggapan tersebut jelas salah karena saat ini rata-rata headset gaming wireless sudah didesain sedemikian rupa untuk memiliki tingkat konektifitas yang bagus dengan receiver, sehingga gangguan dari sinyal lain bisa diredam.



Karena kebutuhannya beda, otomatis spesifikasinya juga beda. Umumnya headset gaming memiliki karakter yang cenderung menonjolkan detail, dan hal ini sangat dirasakan saat kalian nantinya bermain game. Seperti misalnya saat kalian memainkan game-game FPS, detail kecil seperti langkah kaki musuh pastinya sangat berpengaruh pada permainan. Selain itu detail lain seperti suara karakter, efek ledakan dan lainnya tentu juga mempengaruhi pengalaman bermain game yang menjadi lebih seru.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.