Berikut Merupakan Efek Buruk Cahaya Ponsel bagi Mata


Berikut Merupakan Efek Buruk Cahaya Ponsel bagi Mata

Terpapar dengan cahaya dari  layar smartphone dan tablet pada malam hari ternyata bisa berdampak buruk pada otak dan tubuh manusia.

Menurut studi dari Harvard Health Publications, ternyata tubuh manusia juga memiliki siklus natural untuk tetap terjaga pada siang hari dan terlelap pada malam hari. Tapi, ketika dipapar oleh cahaya dari layar smartphone di malam hari, siklus natural itu pelan-pelan akan rusak dan akan berdampak ke banyak hal. Pasalnya, paparan dari cahaya itu membuat otak kalian akan kebingungan apakah ini waktunya untuk tidur atau untuk terbangun.

Apalagi paparan dari cahaya smartphone itu akan menarik perhatian para pengguna untuk terus menerus melihat konten-konten yang ada di dalamnya seperti salah satunya linimasa media sosial, video, obrolan yang ada di aplikasi chatting, dll. Alhasil, otak pun akan berhenti memproduksi melatonin, yaitu sebuah hormon yang akan merangsang tubuh untuk tidur. Jika produksi melatonin ini akan terganggu, maka siklus tidur akan terganggu sama seperti ketika kita mengalami penat pada saat terbang alias jet lag.

Berikut ini ada beberapa dampak yang negatif dari paparan cahaya dari layar smartphone pada malam hari untuk kesehatan kalian, sebagaimana dilaporkan oleh Business Insider

1.     Pertama, paparan cahaya dari layar smartphone akan dapat mengurangi tingkat kedipan mata yang akan berimplikasi pada ketegangan mata, terjadi iritasi mata, kekeringan pada mata, dan sampai juga bisa menyebabkan mata menjadi kabur.

2.     Kedua, jika kita kekurangan hormon dari melatonin akan membuat kalian akan susah tidur sehingga siklus istirahat otak kalian pun akan terganggu. Jika sudah begitu, ingatan atau memori kalian bisa perlahan-lahan akan menjadi payah.

3.     Ketiga, siklus tidur kalian yang akan terganggu dan dapat mengacaukan kerja dari hormon-hormon lain yang ada di dalam tubuh, salah satunya yaitu hormon pengontrol lapar. Alhasil, kalian bisa menajdi lapar terus-menerus dan dapat berisiko pada obesitas.

4.     Keempat, untuk jangka yang panjang, dengan kekurangan hormon melatonin kalian akan mengarah ke sulitnya untuk pengembangan neurotoxin sehingga otak akan sulit berkembang. Salah satu dampak yang paling tragis sekali adalah tekrna penyakit kelupaan yaitu alzheimer.  

5.     Kelima, masih akibat dari kurang tidur, kalian akan lebih sulit untuk belajar. Karena ottak akan bekerja lebih lambat untuk menangkap dan memahami hal-hal yang baru.

6.     Keenam, tingkat hormon melatonin yang kurang di dalam tubuh akan berpotensi mendatangkan gangguan psikologis seperti salah satu nya seperti kalian akan mudah terserang depresi.

7.     Ketujuh, menurut penelitian, jika kalian sedang berkonsentrasi pada suatu hal, ada baiknya jauhkan diri dari paparan layar smartphone. Karena  si kecil "cabai rawit" itu bisa mereduksi kapasitas kognitif dan kemampuan untuk fokus kalian. Cahaya pada smartphone di malam hari.


Terpapar dengan cahaya dari layar smartphone dan tablet pada malam hari ternyata bisa berdampak buruk pada otak dan tubuh manusia.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.